Main image

24 September 2011

Manfaat Jambu Biji


Jambu Biji memang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat, dengan bentuk bulat warna hijau bila masih muda dan berubah warna kekuningan bila sudah matang, dengan tekstur buah yang lembut dan biji yang banyak, dari sosok buah ini kita akan banyak sekali memperoleh kasiat baik untuk pemenuhan vitamin maupun untuk terapi kesehatan dan obat.
Jambu biji memang diketahui memiliki sejumlah zat aktif yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat, terutama daunnya, yang banyak mengandung minyak atsiri, asam ursolat, asam psidiolat, asam kratogolat, asam oleanolat, asam guaja vermin, dan beberapa vitamin, terutama vitamin A, B, C berikut beberapa mineral. Khusus daunnya, diperkirakan bisa mengandung hingga 9% eutenol, 3% damar, dan kalsium oksalat.
Akar dan kulit batang jambu klutuk dapat digunakan sebagai decoct atau infusum, obat diare, atau gastroenteritis (radang selaput lendir lambung dan usus) terutama pada anak-anak. Selain itu, batangnya bisa juga digunakan sebagai obat sariawan. Bahkan di pedesaan, seduhan campuran daun jambu biji dengan daun sirih, kerap digunakan untuk mencuci lubang senggama agar tidak gatal-gatal karena bakteri.

0 komentar:

Posting Komentar

RSS Feed